6 Strategi Efektif Bagi Para Pemimpin Baru

6 Strategi Efektif Bagi Para Pemimpin Baru

Pemimpin yang termasuk dalam kategori X cenderung melihat pegawainya dari sisi yang pesimistis. Mereka cenderung berasumsi bahwa pegawainya kurang termotivasi dan tidak suka kerja. Sehingga, pemimpin dengan kategori X cenderung selalu memberi perintah, memberi hadiah dan juga hukuman pada pegawainya. Banyak orang yang ingin menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan, apalagi perusahaan besar dan terkenal. Namun yang perlu diingat, perjalanan karier dari bawah untuk sampai di posisi pemimpin dalam sebuah perusahaan tidaklah mudah. Dari segi interaksi, management berhubungan dengan anggota dan tim dalam suatu perusahaan saja, sementara manajemen berurusan dengan dimensi teknis dalam perusahaan.

Selain itu, pemimpin tipe paternalistik menganggap bahwa legitimasi kepemimpinannya adalah hal yang wajar dan tidak harus dipertanyakan, sehingga dalam memberikan perintah dan pengambilan keputusan biasanya dia tidak akan melibatkan karyawan. Bukan hanya pengambilan keputusan yang bersifat sentralistik, pemimpin ini juga biasanya banyak memberikan nasihat dan tuntunan kepada para anggota perusahaan, meskipun mereka tidak membutuhkannya. Bukan hanya anggota saja, leader juga harus memperhatikan koordinasi antara atasan dan bawahan, serta dengan beberapa unit lain yang ada dalam lingkungan perusahaan. Seorang leader yang baik akan mampu mewujudkan hal tersebut sehingga terbangun hubungan yang harmonis dan produktif antar seluruh elemen.

Jangan lupa, untuk mencari persetujuan atau konsensus dari semua pihak yang terkena dampaknya. Terakhir, Anda perlu terus mengevaluasi hasil jangka panjang berdasarkan solusi akhir yang telah dipilih secara bersama-sama. IDCloudHost adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga web site tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan Kami. Mengatur, membuka serta mendistribusi korespondensi yang masuk ke perusahaan baik dalam bentuk surat atau e mail. Mempersiapkan akomodasi dan tiket untuk kegiatan kunjungan kerja luar kantor.

Struktur Organisasi menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Dalam hal ini melalui bagan struktur organisasi dapat memperluas alur komunikasi antar tim. Struktur di dalam organisasi dibuat untuk menjalankan perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan. Struktur organisasi secara jelas mampu memisahkan tanggung jawab dan wewenang anggotanya. Maka dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa struktur organisasi di perusahaan itu sangat penting. Dengan adanya struktur organisasi tersebut maka perusahaan dapat berjalan sesuai dengan alurnya.

Apalagi sistem itu dengan mudah diakses, mudah digunakan dan harga yang terjangkau mengingat kondisi finansial organisasi berbeda dengan kondisi finansial sebuah perusahaan atau korporasi. Dan apabila Anda menjadi seorang pemimpin di perusahaan Anda, maka Anda harus memiliki karakter pemimpin yang dapat membawa organisasi dan bisnis Anda menjadi maju dan berkembang. Dan di dalam sebuah organisasi juga pemimpin akan diajarkan bagaimana cara mengambil sebuah keputusan yang bijak dengan tidak merugikan pihak manapun. Fungsi kepemimpinan atau biasa disebut juga dengan fungsi Pengarahan . Fungsi kepemimpinan merupakan serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang berada dalam perusahaan dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran perusahaan tersebut. Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakkan, memotivasi dan mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran perusahaan.

Cara mengatur suatu organisasi/ perusahaan

Hal ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau ukuran untuk menilai apakah sebuah direksi layak memimpin sebuah BUMN. Pesan yang disampaikan pada kegiatan berkomunikasi pada sebuah organisasi haruslah terstruktur dengan baik dan benar, agar pada penerima pesan atau informasi tersebut dapat memahaminya dengan baik dan benar. Selain itu, usahakanlah untuk selalu memberikan informasi yang bersifat untuk menaikkan semangat dan motivasi anggota organisasi. Dengan begitu, penerima inforamsi juga tidak akan segan dan enggan untuk menjawab, mengikuti dan memberikan masukan-masukan yang sangat penting didalam sebuah komunikasi.

Comments are closed.