Terapkan 5 Cara Ini Untuk Mendidik Anak Jadi Lebih Mandiri

Terapkan 5 Cara Ini Untuk Mendidik Anak Jadi Lebih Mandiri

Investasikan waktu kamu di kampus untuk terus menambah ilmu, menambah teman dan belajar berwirausaha. Skill dan network yang kamu bangun semasa kuliah akan mempengaruhi jumlah gaji/penghasilan yang bisa kamu dapat di dunia kerja nanti. Mereka yang berhasil menjadi profesional dan pengusaha sukses dalam karir biasanya merupakan orang-orang yang rajin membangun ability dan memperluas community semasa kuliah.

Cara untuk menjadi mandiri

Mahasiswa yang lulus dalam ujian akan mendapat gelar yang nilainya sama dengan gelar yang diperoleh siswa/peserta didik yang mengikuti kuliah di kampus. Mahasiswa luar kampus ini diberi kesempatan untuk ikut menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan bahan belajar serta cara belajar yang akan digunakan. Namun demikian mahasiswa tidak diberi kesempatan untuk menentukan cara evaluasi dan kriteria penilaiannya. Tanamkan rasa percaya diri dan kemandirian anak sejak dini, bahkan sebelum mereka duduk di bangku sekolah.

Bila kemampuannya dirasakan sudah melebihi kemampuan temannya, ia akan terdorong untuk mempelajari topik atau bahasan lain dengan lebih bersemangat. Bila menghadapi kesulitan dalam memahami isi pelajaran tertentu, siswa/peserta didik seringkali merasa bahwa dirinya bodoh dan karenanya menjadi putus asa. Tetapi kalau mengetahui bahwa teman-temannya juga mengalami kesulitan yang sama, perasaan di atas dapat dihilangkan dan karenanya tidak menjadi mudah putus asa. Tugas guru/instruktur dalam proses belajar mandiri ialah menjadi fasilitator, menjadi orang yang siap memberikan bantuan kepada siswa/peserta didik bila diperlukan. Terutama, bantuan dalam menentukan tujuan belajar, memilih bahan dan media belajar, serta dalam memecahkan kesulitan yang tidak dapat dipecahkan siswa/peserta didik sendiri. Untuk menjadi seorang wanita yang mandiri secara finansial, tentunya kamu harus sudah memiliki penghasilan sendiri.

Inilah saatnya orangtua belajar untuk mengembangkan kebiasaan untuk melepaskan. Dengan cara ini Mama bisa lebih mengenal anak sekaligus menjadi cara melatih anak lebih mandiri. Setelah anak memilih suatu kegiatan, akan sangat membantu untuk menuliskan ketakutan yang miliki. Setelah Mama melakukan ini, Mama dapat merencanakan bagaimana Mama akan merespon jika ketakutan terburuk Mama benar-benar terwujud. Sebagai wanita yang sudah memiliki penghasilan, wajib bagi Kamu untuk memiliki tabungan.

Hal-hal yang harusnya dikerjakan awal, diletakkan di belakang dan akhirnya tugas yang penting malah tidak terselesaikan. Sebaliknya, orang-orang mandiri tidak pernah bermasalah dengan banyaknya kegiatan karena mereka menetapkan prioritas dalam pekerjaan mereka; yang lebih penting diselesaikan lebih dahulu. Karena itulah, anak harus dilatih untuk dapat menetapkan skala prioritas dan mendahulukan pengerjaan kegiatan yang utama terlebih dahulu. Misalnya, anak ingin bermain games, tetapi dia juga memiliki PR yang belum dikerjakan. Dalam hal ini, orang tua sebaiknya mengajak anak berdiskusi dan menjelaskan bahwa mengerjakan PR adalah hal yang lebih penting daripada bermain games. Karenanya, PR harus dikerjakan lebih dahulu sebelum bermain games.

Comments are closed.