6 Cara Cerdas Atur Keuangan Yang Bikin Hubungan Awet

6 Cara Cerdas Atur Keuangan Yang Bikin Hubungan Awet

Anda bisa membelikan barang kesukaannya yang tentu bermanfaat dari tabungan yang telah terkumpul itu. Dengan begitu, si kecil akan mendapatkan manfaat menabung sejak kecil. Untuk melatih keterampilan berhitungnya, beri ia kesempatan untuk menjadi kasir. Saat ia sudah mulai cerdas dalam hal mengatur pengeluaran, Anda bisa memberikan kesempatan pada si kecil untuk belanja di toko yang sebenarnya.

Mngatur uang dengan baik

Proses pembukuannya bisa dilakukan secara handbook ataupun sistem komputerisasi lewat software keuangan usaha. Setiap pengeluaran prive dicatat secara rinci dalam jurnal akuntansi sehingga pengelolaan keuangannya dapat dikendalikan. Kesuksesan yang dicapai dalam bisnis yang dijalankan tak lepas dari komitmen serta tekad yang kuat.

Pasalnya saat sudah membayar DP, kamu akan dihadapkan dengan cicilan rumah yang tentunya tergolong besar per bulannya dalam waktu bertahun-tahun. Jangan sampai utangmu bertambah banyak dan kamu harus mengorbankan banyak hal demi membayar cicilan per bulannya. Memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian dari semua individu yang ada di dunia ini, terlebih bagi pasangan yang baru membangun rumah tangga.

Apabila sekali dilakukan akan sulit bagi orang itu untuk berhenti. Walaupun dalam jumlah yang kecil, namun lama-kelamaan menjadi besar bila dilakukan berkali-kali. Warren Buffett selalu menyediakan uang tunai di Berkshire Hathaway. Ada setidaknya US$20 miliar yang siap digunakan untuk keperluan mendadak.

Konten yang ditampilkan di Situs merupakan milik Perusahaan maupun milik Mitra Perusahaan atau digunakan dengan izin dari pihak terkait. Anda dan/atau siapapun yang anda izinkan, tidak diperbolehkan untuk menggunakan Konten tersebut kecuali diizinkan secara khusus oleh Ketentuan ini atau izin khusus yang terdapat di bagian lain dalam Situs. Setiap penggunaan yang tidak sah dari gambar, emblem, merek, desain yang terdapat dalam Situs dapat melanggar peraturan perundangan di bidang hak cipta, merek, information pribadi serta hukum perdata dan pidana. Anda menyatakan dan menjamin bahwa anda adalah individu yang secara hukum berhak dan cakap untuk mengadakan dan mengikatkan diri dalam perjanjian berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Apabila ketentuan tersebut tidak terpenuhi, Perusahaan berhak berdasarkan hukum untuk membatalkan setiap perjanjian yang dibuat dengan anda.

Cukup memberinya kepercayaan bahwa dia bisa bersikap dewasa dalam mengatur keuangannya sendiri. Mulailah bersikap terbuka mengenai masalah finansial dalam keluarga. Jujur dan terbuka merupakan langkah pertama yang Anda lakukan, untuk mengatasi kepercayaan karena bohong soal keuangan. Atau jika Anda menduga pasangan tidak jujur soal keuangan, mintalah penjelasan. Uang merupakan isu yang sangat sensitif, apalagi jika suami dan istri punya pandangan yang berbeda dalam hal penggunaan uang dan kebutuhan yang harus diprioritaskan.

Selain mengharapkan uang saku dari orang tua, kamu bisa mencari sumber pemasukan lain. Misalnya, dengan melakukan usaha online shop, freelance, atau kerja paruh waktu. Pilihlah pekerjaan yang fleksibel sehingga tidak menyita waktu kuliahmu. Membuka usaha bukanlah hal main-main, maka itu kamu harus melakukan perencanaan matang agar usaha kamu selalu berjalan sesuai rencana. Apalagi jika perencanaan yang berurusan dengan keuangan, jangan sampai kamu lengah dan malah merugi akibat pengeluaran yang tidak sesuai dengan rencana. Misalnya kamu memiliki tujuan untuk membuka cabang baru pada tahun kedua, maka kamu harus sudah tau berapa modal yang harus dikeluarkan nanti dan berapa keuntungan yang harus kamu sisihkan mulai dari sekarang.

Bila perlu, sisihkan dulu pendapatan di awal bulan ke rekening tabungan agar tidak tercampur dengan alokasi kebutuhan lain. Mengatur keuangan rumah tangga membutuhkan kemampuan yang mumpuni, mulai dari mengetahui pemasukan, pengeluaran, tabungan, maupun jumlah uang yang bisa diinvestasikan. Anda dan pasangan mungkin harus melalui trial and error untuk bisa menemukan cara yang pas. Setiap pelaku usaha harus memperhatikan banyak hal agar bisnis yang mereka tekuni bisa berkembang dengan pesat.

Comments are closed.